Rusia Lecut Patriotisme dengan Game

Written By Chotot Dudulzz on Friday, May 7, 2010 | 11:16 PM

Jakarta - Pemerintah Rusia tengah menggarap proyek game komputer yang dirancang untuk melecut semangat patriotisme di kalangan remaja.

Sebanyak enam game simulasi penerbangan dikembangkan oleh Kementerian Komunikasi Rusia dan perusahaan software 1C. Tak hanya memupuk jiwa patriotisme, game tersebut juga dimanfaatkan untuk meningkatkan citra Rusia yang dikenal sebagai negara berteknologi tinggi.

"Kami sudah mendemontrasikan game tersebut ke Presiden Dimitry Medvedev," kata CEO 1C Boris Nuraliev, seperti dikutip dari detikINET dari Big News Networks, Kamis (6/5/2010).

Rusia melihat bahwa mendorong jiwa patriotisme dan mengingatkan warganya akan peristiwa Perang Dunia II sangat penting untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa. Inilah yang kemudian tengah diupayakan Rusia dengan menggunakan game sebagai media penyampaiann.

Tidak tanggung-tanggung, proyek penggarapan keenam game itu memakan biaya hingga US$ 24 juta atau sekitar Rp 222 miliar. Dana tersebut khusus dialokasikan dari anggaran Kementerian Komunikasi Rusia dan 1C.

Kementerian Komunikasi Rusia menyebutkan, game simulasi penerbangan bertema Perang Dunia II itu juga dipakai sebagai alat simulasi pendidikan profesional bagi pilot dan meningkatkan keahlian di bidang teknologi.

detiknet

Related Post