XL Uji Coba 4G LTE Semester II-2010

Written By Chotot Dudulzz on Wednesday, April 28, 2010 | 12:27 AM

Operator telekomunikasi XL Axiata akan menguji coba jaringan pita lebar seluler generasi keempatnya (4G) di Indonesia dengan menggunakan teknologi Long Term Evolution (LTE) pada semester II-2010.

Roadmap pembangunan jaringan LTE ini akan dicanangkan XL melalui kesepakatan awal dengan vendor jaringan Ericsson untuk melakukan kajian teknis bersama sekaligus menguji coba manfaatnya, dalam waktu dekat.

"XL sangat serius untuk mempelajari kemungkinan penerapan teknologi LTE di Indonesia," kata Presiden Direktur XL Hasnul Suhaimi di sela kesepakatan persiapan uji coba LTE bersama Ericsson di Jakarta, Senin (26/4/2010).

Untuk melakukan uji coba LTE ini, kedua belah pihak masih akan menunggu proses perizinan dari pemerintah. Uji coba ini rencananya akan diadakan pada semester kedua tahun ini.


Dalam uji coba ini, Ericsson akan menyediakan perangkat dan tenaga ahlinya. Selain itu, uji coba LTE ini nantinya juga akan melibatkan pemerintah dan dunia pendidikan dengan menggandeng akademisi dan universitas.


Evolusi Teknologi Seluler Menuju Broadband Berbasis IP

LTE sendiri bisa disebut sebagai evolusi teknologi seluler menuju jaringan pita lebar (broadband) berbasis IP (internet protocol) secara menyeluruh (end to end). LTE merupakan pengembangan dari teknologi 3G yang lebih tinggi dibanding HSPA+ dengan kecepatan data transfer maksimum 100 Mbps.

"Bagi pelanggan seluler, dengan kecepatan download hingga 150 Mbps dan latensi yang rendah, LTE memungkinkan mereka untuk mendapatkan layanan data/internet dengan kecepatan maksimal, baik untuk email, file upload, VoIP, video, mobile TV, multi-user gaming, atau transfer data P2P," kata Direktur Network XL, Dian Siswarini.

Selain itu, lanjut dia, LTE juga mampu menjangkau pelanggan lebih luas hingga radius 5 km. LTE dipilih XL karena bisa memanfaatkan existing teknologi yang sudah ada dan tidak perlu membangun infrastruktur baru, baik radio hingga core network, seperti Wimax.

Menurut Regional Head of South East Asia & Oceania Ericsson, Arun Bansal, kesepakatan uji coba LTE bersama XL ini akan semakin memperkuat komitmen dari vendor asal Swedia itu untuk memberikan solusi terbaik bagi layanan telekomunikasi di Indonesia.
srumber:detiknet

Related Post